-->

Wow..Tak Disangka Imam Masjid di Rusia Ini Adalah Lulusan UIN Malang

Kota Kostroma yang berjarak 340 kilometer dari Moskow, Rusia, baru saja memiliki masjid yang megah. Aktivitas ibadah di sana dipimpin oleh imam bernama Fabriz Nurutdinov.
Imam Masjid di Rusia Ini Adalah Lulusan UIN Malang

Tidak ada yang menyangka, Fabriz ternyata seorang alumnus S2 Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur. Dia pernah menempuh program pendidikan magister jurusan Tarbiyah dan lulus pada 2012 lalu.

Tidak hanya itu, Fabriz juga beristri seorang WNI asal Lamongan. Selain menjadi Imam, Fabriz menjadi Direktur Organisasi Pengembangan Kebudayaan Islam Kostroma.
Dikutip dari laman kemlu.go.id, Masjid Kostroma resmi beroperasi pada Jumat pekan lalu. Peresmian ini dilakukan oleh Ketua Dewan Mufti Rusia Ravil Ganutdin, dihadiri Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Darmawan Suparno, mewakili Dubes RI untuk Federasi Rusia, M. Wahid Supriyadi.

Ganutdin secara khusus menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kehadiran perwakilan Indonesia. Dia menekankan pentingnya upaya meningkatkan hubungan baik antara Indonesia dengan Rusia di bidang agama.
Masjid Kostroma dibangun dalam tiga lantai dan mampu menampung jemaah sebanyak 1.000 orang. Selain ruang sholat, masjid ini dilengkapi beberapa kelas yang berfungsi sebagai madrasah dewasa dan anak.

Pembangunan masjid ini telah dimulai sejak 2004, namun sempat terhenti. Proses pembangunan dilanjutkan pada 2012 setelah Ketua Dewan Mufti bertemu dengan Gubernur Kostroma.
Rusia memiliki penduduk beragama Islam mencapai 20-25 juta, yang mayoritas berasal dari etnis Tartar. Hingga saat ini, Rusia telah memiliki 8.000 masjid.

Sumber : Dream.com
Back To Top